Tahun 2020 terasa cepat berlalu di mana dunia dihadapkan dengan adanya pandemi virus Covid-19 dan dipaksa beradaptasi dengan kebiasaan yang serba baru. Ternyata sekarang kita sudah masuk ke tahun 2021 yang membuat banyak orang mengharapkan sebuah perubahan besar, keadaan yang kembali normal dan menjadi awal tahun yang lebih baik dari tahun 2020.

Tapi ternyata, awal tahun 2021 kita semua masih harus dihadapkan dengan pandemi virus Covid-19. Itu artinya kita harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan dan bisnis agar tetap bisa bertahan di masa krisis. Cukup di tahun 2020 yang mungkin Anda melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan Anda, tapi tidak untuk tahun 2021.

Sesuai judul pada artikel kali ini, Anda harus menghindari kesalahan finansial di tahun 2021. Karena sadar atau tidak, kesalahan finansial dapat menghambat bisnis dan merusak tujuan Anda.

  1. Tidak mempertimbangkan biaya perawatan

    Ketika Anda membeli perlengkapan atau peralatan, biasanya akan disertai dengan biaya perawatan. Anda harus memperhatikan hal ini dengan bijak, karena tagihan ini akan membengkak dan membebani pengeluaran Anda jika tidak berhati-hati.

    Lakukan anggaran biaya pemeliharaan atas setiap pembelian unit baru. Jika Anda dapat memperhitungkan biaya berkelanjutan setiap bulan, Anda tidak perlu terus-menerus merogoh dompet Anda untuk mengurus tagihan. Anda jadi tahu berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya pemeliharaan tersebut.

    Karena pengeluaran biaya seperti ini dapat mempengaruhi bisnis Anda jika tidak teliti.

  2. Tidak belajar tentang pajak

    Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk membayar pajak dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Dan sebagai warga yang bijak, Anda akan menaati pajak. Besaran pajak yang dikenakan kepada setiap warga dalam setiap negara sudah ada peraturannya dan Anda bisa mempelajari bagaimana cara membayar lebih sedikit untuk setiap pajak yang dikenakan.

    Untuk bisa menghemat biaya pajak, seperti Anda dapat mengurangi biaya kantor, mempekerjakan anggota keluarga pada bisnis Anda.

  3. Tidak berinvestasi

    Untuk bisa berinvestasi bukan menunggu Anda kaya, ketika dirasa cukup meskipun bisnis Anda belum terlalu lama berdiri, Anda bisa melakukan investasi. Anda harus mulai berinvestasi sesegera mungkin karena itulah cara agar Anda mendapatkan kebebasan finansial. Investasikan yang Anda miliki dan gunakan sisanya untuk keperluan lain.

    Memiliki kebebasan finansial dimulai saat Anda menjadikan investasi sebagai suatu keharusan. Jadi, dengan melibatkan menyisihkan uang Anda dan mengembangkannya dapat membuat Anda memiliki posisi keuangan yang lebih baik di tahun 2021.

    Memiliki tabungan di bank memang baik, tapi ketika Anda hanya mengandalkan sepenuhnya dari uang di tabungan Anda itu sama saja Anda membuang-buang uang Anda. Karena uang Anda akan kehilangan nilainya ketika terjadi inflasi. Jadi tidak ada salahnya jika Anda melakukan investasi.

    Tapi, dalam memutuskan untuk berinvestasi, Anda juga harus melakukannya secara sabar, benar dan hati-hati. Ketahui lebih banyak sebelum akhirnya Anda melakukan investasi, karena tidak sedikit oknum tidak bertanggung jawab yang menipu dalam investasi.

  4. Menggunakan dana darurat Anda untuk alasan yang salah

    Sebagai pengusaha, disarankan bagi Anda untuk memiliki dana darurat yang dapat digunakan ketika dibutuhkan dalam keadaan yang sangat mendesak. Pada umumnya, Anda harus memiliki dana darurat di rekening tabungan Anda minimal untuk 3-6 bulan.

    Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan uang ini untuk suatu hal namun bukan sesuatu yang penting atau mendesak. Ketika masalah nyata yang tidak diduga terjadi pada bisnis Anda, maka kemungkinan Anda akan terpaksa berhutang karena dana darurat yang tidak bisa menutupinya.

    Buatlah dana darurat yang bisa Anda lakukan dengan menyisihkan dari rekening Anda, tidak dalam jumlah yang besar tidak menjadi masalah. Karena jika Anda konsisten dalam melakukan hal ini, lama-kelamaan Anda akan memiliki dana darurat yang terus bertambah.

  5. Tidak memperhatikan kesehatan Anda

    Terlalu sibuk dengan bisnis Anda, sampai lupa dengan kesehatan diri Anda sendiri. Akan semakin baik jika Anda mulai menginvestasikan kesehatan Anda. karena kesejahteraan Anda akan terus memberi Anda hasil yang positif ketika Anda memperhatikan dan menjadikannya sebagai prioritas.

    Seperti yang kita ketahui, bahwa kesehatan itu mahal. Jika Anda mengabaikan kesehatan Anda hari ini, Anda harus membayar biaya yang besar dan membuat keuangan menjadi menipis yang dapat mempengaruhi bisnis Anda di masa yang akan datang.

Untuk memperoleh kebebasan secara finansial membutuhkan kedisiplinan. Jika Anda tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, siap-siap bisnis Anda akan mengalami kegagalan. Jangan hancurkan awal tahun 2021 ini dengan kesalahan yang Anda lakukan terhadap keuangan bisnis Anda.

Lakukan perubahan terhadap bisnis Anda sekarang atau Anda akan menyesalinya diakhir. Dan selalu ingat, bahwa uang bisa dicari dan didapat, tapi tidak berlaku atas waktu.